Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

//Pilwali // Politik // Sungai // Video // Walikota

Menapaki Jejak Prestasi Teno Selama Menjabat Plt Walikota Pasuruan (7) #Bantu Warga Saat Banjir, Teno Selalu Terjun Lapangan Kata Hasjim, Ada Catatan ‘OMDO’ Bagi Yang Mengaku Bisa Lenyapkan Banjir di Pasuruan

Redaksi Pojok Kiri Pasuruan
10 Oktober 2020

Teno saat turun di tengah banjir

Pasuruan, Pojok Kiri
Beberapa kelurahan di Kota Pasuruan menjadi langganan banjir di musim hujan. Kadangkala banjir juga datang walaupun hujan tidak turun di Kota Pasuruan. Itu dikarenakan hulu atau wilayah atas sedang hujan deras.


Sebagian wilayah yang merupakan cekungan menjadi langganan banjir kala musim hujan.

Satu tahun kepemimpinan Raharto Teno Prasetyo sebagai Plt Wali Kota Pasuruan dilakukan dengan turun langsung ke lokasi banjir. Teno mengatakan, saat menjabat sebagai Wakil Walikota-pun, ia sering turun ke lokasi banjir untuk memastikan kondisi warganya yang rumahnya tergenang banjir.

“Memastikan kondisi warga yang rumahnya tergenang banjir. Kemudian, mengirimkan bantuan makanan dan obat-obatan bagi warga. Seluruh elemen masyarakat saya ajak untuk bergerak gunamerespon cepat kondisi wilayah yang tergenang banjir, “terang Teno, Sabtu (10/10).

Kepada Pojok Kiri, Teno mengungkapkan, kewenangan dan kebijakannya selama satu tahun menjabat Plt Wali Kota Pasuruan memang terbatas. Namun, ia tetap mengupayakan agar masalah banjir di Kota Pasuruan tidak menyusahkan masyarakat terlalu lama.

Teno melanjutkan, banjir tidak bisa dihilangkan secara cepat, akan tetapi fenomena alam tersebut bisa ditangani dengan beberapa upaya meminalisir dan terlebih memerlukan respon penanganan bantuan yang cepat.

“Tidak bisa dihilangkan dengan cepat, karena kondisi kawasan yang menjadi langganan banjir rata-rata berupa cekungan atau letaknya lebih rendah atau sejajar dari sungai di sekitar. Tentu harus melibatkan pemerintah pusat dan provinsi untuk lebih menekan masalah ini, “ungkap Teno.

Baca Juga :  Suhu Politik Kota Pasuruan Kian Memanas!!!! Di Group WA Terjadi Perang Argumen Para Pendukung
Hasjim Asjari

Sementara itu, Calon Wakil Walikota M. Hasjim Asjari yang mendampingi Teno menambahkan, selama ini ia menilai Teno aktif turun langsung memantau kondisi masyarakat yang tergenang banjir. Hal ini merupakan catatan positif atas sikap empati seorang pemimpin walau hanya menjabat sebagai Plt Wali Kota.

“Saya sejak kecil sudah akrab dengan banjir. Bagi orang yang bukan asli Kota Pasuruan berfikir banjir mudah dihilangkan. Padahal, di masa kepala daerah sebelumnya termasuk di era Pak Amin, banjir hanya bisa diminimalisir dengan sarpras di sekitar kawasan banjir. Saya menilai Mas Teno saat menjabat Wakil Walikota dan saat menjabat Plt Wali Kota pun sudah total turun ke masyarakat untuk respon cepat memberikan bantuan, “ujar Hasjim. (*)

Sudah dibaca : 161 Kali
 







Berkomentarlah yang baik. Apa yang anda sampaikan dalam komentar adalah tanggungjawab anda sendiri