Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

//Desa // Wisata

Goa Sakera Di Jatigunting, Wonorejo, Diselimuti Mitos Ada Air Sakti Buat Kekebalan Dan Sembuhkan Berbagai Penyakit

Redaksi Pojok Kiri Pasuruan
8 Oktober 2020

Kades Yudi Iswanto bersama perangkat Saat Berada Di Pintu Goa Sakera

Pasuruan, Pojok Kiri
Sebuah goa yang terletak di Dusun Krajan, Desa Jatigunting, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan patut dijadikan jujugan wisata. Goa ini dikenal dengan sebutan Goa Sakera.


Ada mitos, Goa yang konon dijadikan tempat persembunyian Pak Sakera semasa penjajahan Belanda ini, air yang ada di dalamnya mampu membuat orang yang meminumnya menjadi kebal senjata tajam.

Pojok Kiri yang mendatangi lokasi Goa Sakera, Kamis (08/10) mengalami sensasi yang luar biasa. Dimana dalam perjalanan menuju Goa Sakera, Pojok Kiri harus menempuh perjalanan alam yang sangat menantang.

Untuk sampai ke Goa itu, Pojok Kiri harus berjalan di alam liar dengan jalur yang masih alami.

Pengunjung saat mandi di Sumber air Penang

Semak-semak dan pepohonan serta sungai yang lumayan deras harus dilalui. Jika digambarkan, kondisi jalan yang harus dilalui benar-benar menantang.

Lepas dari itu, selama perjalanan menuju Goa Sakera, hati kita dibuat adem ketika sejumlah sumber air dengan airnya yang bisa langsung diminum menyapa di setiap langkah dan hembusan nafas kita.

Yudi Iswanto, Kades Jatigunting bersama perangkatnya bernama Mahfud yang menemani Pojok Kiri menjelaskan. Di lokasi Goa Sakera ada puluhan sumber air yang mengitari. Namun yang paling besar ada Tiga, yakni Sumber Penang, Sumber Tancak, dan Sumber Sedenok.

Dari ke Tiga Sumber itu sebagaimana penjelasan Kades Yudi, masing-masing memiliki mitos yang berbeda.

Baca Juga :  Desa Jatiarjo Genjot Pembangunan, Transparansi Juga Dikedepankan

Untuk Sumber Penang, mitosnya bagi mereka yang pacaran lalu mandi atau meminum air sumber tersebut akan segera dipinang oleh pasangannya. Di sumber air ini, banyak warga yang datang untuk mandi dan mencuci.

Warga Ambil Air di Sumber Tancak

Untuk Sumber Tancak yang dikenal sangat jernih dan selalu digunakan warga untuk air minum memiliki motos airnya punya khasiat bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sedang Sumber Sedenok mitosnya konon merupakan tempat mandi para bidadari dan air membuat awet muda.

“Itu mitosnya, boleh percaya boleh tidak, “kata Yudi.

Sementara untuk Goa Sakera sendiri menurut Iswahyudi adalah Goa yang saat ini dijaga oleh kura-kura putih.

Kades Iswahyudi Di Sumber Air Sedenok

“Kalo ini bukan mitos, di dalam Goa itu dijaga kura-kura putih yang lumayan besar, saya pernah melihatnya sendiri, “ungkap Kades Yudi.

Terpisah, Camat Wonorejo, Sugeng optimis Goa Sakera mampu menjadi tempat wisata favorit untuk kedepannya. Sebab selain mitos-mitos yang ada, lokasi Goa Sakera sangat alami, sehingga pas jika digunakan wisata alam seperti berkemah dan berpetualang.

“Saat ini hanya perlu untuk mengenalkan secara luas. Serta lokasimya sedikit diberi sentuhan petunjuk arah serta diberi sarana yang diperlukan, “kata Camat Sugeng. (Lis)

Sudah dibaca : 672 Kali
 







Berkomentarlah yang baik. Apa yang anda sampaikan dalam komentar adalah tanggungjawab anda sendiri