Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Desa

Jaranan Di Tosari Abaikan Protokol Kesehatan, Kades Berususan Dengan Polisi

Redaksi Pojok Kiri Pasuruan
7 September 2020

Saat kegiatan jaranan di Tosari

Pasuruan, Pojok Kiri
Rabu, 02 September 2020 lalu, sebuah acara pentas seni dalam rangka selamatan desa diadakan oleh Kepala Desa Tosari, Wafik Imron.

Namun acara yang bertujuan untuk memberikan hiburan kepada warga ini berbuntut panjang. Sebab sang Kades nekat mengundang atraksi seni jaranan yang memunculkan kerumunan warga tanpa bisa dikontrol terkait protokol kesehatannya.

Aksi nekat sang Kades mendatangkan seni jaranan ini dilakukan tanpa ijin ke gugus tugas Covid-19. Bahkan meminta ijin ke Polsek setempat-pun tidak. Hal ini sebagaimana dikatakan Kapolsek Tosari, AKP Bambang Tri, Senin (07/09).

Para penonton

“Ini yang sedang kami usut, kegiatan tersebut dilaksanakan tidak memenuhi prosedur kegiatan masa pendemi. Dimana Kades yang juga selaku ketua panitia tidak mengajukan proses ke gugus tugas kecamatan untuk mendapat rekomendasi, serta tidak mengajukan perijinan ke Polsek tosari. “papar AKP Bambang.

Atas sikap Kades Tosari yang mengabaikan prorokol.kesehatan ini, Kapolsek mengaku sudah mengirim surat panggilan ke Kades untuk dimintai keterangan pada Rabu (09/09).

Saat jaranan berlangsung

“Panggilan kami lakukan karena melihat fakta di lapangan, kegiatan tersebut jauh dari penerapan protokol kesehatan, dimana banyak penonton yang tidak menggunakan masker, penonton yang tidak jaga jarak, serta banyak anak kecil, “ungkap Kapolsek, Bambang.

Para penonton abai protokol.kesehatan

Terpisah, Kades Tosari, Wafik Imron saat dihubungi melalui phonselnya mengaku bahwa pihakmya sudah memberitahukan soal kegiatan ke Muspika.

Baca Juga :  Tak Kunjung Diperbaiki, Tembok Ambruk Milik PT. Coca Cola Rugikan Warga Nogosari

“Ini kan selamatan desa, sejak saya kecil memang tidak harus ijin, tapi kami sudah memberitahukan ke semua, kecuali jika hajatan pribadi, itu beda. Ini kan kepentingan desa, “ujarnya. (Lis)

Sudah dibaca : 1315 Kali