Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Desa

Siapkan Sarana Pengolahan Sampah, Kades Winong, Gempol Segera Ubah Sampah Jadi Uang

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: April 20, 2020

  1. Kades dan perangkat desa saat tinjau Lokasi pengolahan sampah

Pasuruan, Pojok Kiri
Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman bukanlah hal mudah. Apalagi menjadikan sampah sebagai  pemasukan ekonomi bagi warga, tentunya itu harus melalui perencanaan, serta upaya dan tekad yang kuat.

Adalah Kepala Desa (Kades) Winong, Kecamatan Gempol bernama.Suyanto yang sejak 2019 memiliki tekad kuat untuk itu. Upaya awalnya yang ingin membuat lingkungan desanya menjadi bersih dan nyaman, telah membuahkan suatu tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang luas dan tertata rapi.

Terletak di salah satu dusun wilayah Desa Winong yakni Dusun Grogolan, Kades Winong yang menjabat baru berumur 2, 4 bulan ini telah membangun tempat pembuangan sampah untuk warga yang luasnya mencapai 23 x 33 meter.

Kades Winong, Suyanto saat foto bareng  Bupati

Namun obsesi Kades Suyanto tak hanya berhenti di pembuangan sampah biasa. Ia punya cita-cita yang lebih dari itu, yakni membangun sarana pengolahan sampah untuk mendaur ulang sampah warga.

Rencana pembangunan tempat dan sarana daur ulang sampah saat ini sudah dalam proses pengerjaan. Nantinya menurut pria 40 tahun ini, setelah tempat pengolahan sampah selesai, ia akan mendirikan bank sampah di tiap dusun.

“Untuk saat ini, sampah yang berasal dari warga masih kita pilah di lokasi TPS, hasilnya kita gunakan untuk kepentingan desa. Nantinya setelah tempat pengolahan sudah jadi, tiap-tiap keluarga kita beri catatan sampahnya. Untuk sampah yang bisa didaur ulang kita kasih nilai uang dan dijadikan tabungan yang hitungannya muncul tiap bulan. Intinya, sampah yang dibuang warga nanti tak sia-sia. Selain lingkungan bersih, warga juga mendapat uang dari sampah yang dibuang sendiri, “papar Suyanto, Senin (20/04).

Baca Juga :  Mati Hidup Itu Urusan Allah,  New Normal, Warga Mulai Tak Peduli Dengan Covid- 19

Dari sisi teknis, setiap rumah warga nantinya akan difasilitasi bak sampah yang punya fungsi memilah. Sementara untuk petugas pengangkut sampah akan difasilitasi sarana yang lebih lengkap.

Sisi depan TPS Desa Winong

“Saat ini untuk pengangkutan sampah kita sudah memadai. Namun ke depan kita pikirkan untuk sarana yang lebih lengkap, misal bak yang terbagi untuk sampah plastik dan sampah lain, “terang Suyanto.

Dalam hal rencana pengolahan sampah daur ulang di Desa Winong ini, Suyanto mengaku mendapat banyak support dari Bupati Pasuruan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Kita mendapat suppot dari Bupati melalui DLH. Untuk pembangunan TPS saja, selain dana desa yang kita gunakan, ada juga sebagian bantuan dari DLH. Ke depan untuk sarana pengolahan juga akan dibantu oleh DLH, “pungkas Kades Winong, Suyanto. (Lis)

Sudah dibaca : 423 Kali