Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Desa

Kampung Pia Kejapanan Gempol Bermasalah? (5) *Proyek Bodong Tetap Dikerjakan, Kades Nantang Satpol PP? Ancam Tutup Paksa!

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: April 12, 2020
Pekerja yang masih melanjutkan pembangunan kios Kampung Pia

Pasuruan, Pojok Kiri
Setelah dilakukan klarifikasi antara Kades, Investor, BPD dan Plt Camat di kantor Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Raci, Kamis (09/04), ada fakta bahwa ternyata benar proyek pembangunan 55 kios di areal Kampung Pia, Waru, Kejapanan Genpol tidak memiliki ijin alias bodong.

Atas kenyataan ini, Satpol PP lalu memerintahkan agar Kades Kejapanan untuk menghentikan sementara hingga muncul ijinnya.

Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan, Bakti Djati Permana kepada Pojok Kiri mengatakan, untuk mendapatkan ijin pembangunan kios tersebut, pihak desa harus melakukan musyawarah desa, lalu berita acaranya dibawa ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kemudian dibawa ke Bupati untuk mendapatkan rekomendasi. Jika itu sudah dilakukan lanjut Bakti, baru proses ijin mendirikan bangunan diurus.

“Prosesnya seperti itu karena yang ditempati tanah kas desa, “kata Bakti.

“Karena semua kelengkapan administrasi itu tidak bisa ditunjukkan, maka kami perintahkan untuk menghentikan proyek tersebut, “tukasnya.

Namun kenyataan di lapangan berkata lain. Pojok Kiri yang mendatangi lokasi pembangunan kios, Minggu (12/04) masih melihat orang bekerja. Terlihat ada 3 orang pekerja yang sedang sibuk meneruskan pembangunan kios.

Kades tak menggubris Satpol PP atau menantang penegak Perda ini?

Prosedurnya kata Bakti, jika perintah berhenti tidak diindahkan, maka pihaknya akan segera melakukan penutupan paksa. (Lis)

Sudah dibaca : 258 Kali