Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

//Desa

Terjerat Kasus Korupsi, Mantan Kades Karangmenggah, Wonorejo Dibui

Redaksi Pojok Kiri Pasuruan
9 April 2020

Saat proses penahanan mantan Kades Karangmenggah

Pasuruan, Pojok Kiri
Supranoto, mantan Kepala Desa (Kades) Karangmenggah, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Kamis sore (09/04) dijebloskan ke dalam tahanan oleh tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kabupaten Pasuruan. Ia diduga telah melakukan tindakan pidana korupsi uang dana desa (DD) senilai Rp. 350 juta.


Penahanan atas Supranoto dilakukan usai tim Pidsus menetapkan pria 50 tahun ini sebagai tersangka.

Denny Saputra, Kasi Pidus Kejari Kabupaten Pasuruan mengatakan, dugaan korupsi yang melilit Supranoto adalah terkait sejumlah anggaran proyek yang sudah diserap, akan tetapi fisiknya tidak ada alias fiktif. Proyek itu berada di tahun 2017 dan 2018.

“Ada anggaran proyek yang diserap pada tahun 2017 dan 2018. Namun setelah ditelusuri, ternyata proyek yang dimaksud tidak ada, “kata Denny Saputra.

Beberapa proyek yang diduga fiktif itu lanjut Denny, meluputi pipanisasi, pembenahan jamban, jaringan irigasi dan beberapa pekerjaan lain yang nilai totalnya mencapai Rp. 350 juta.

Penyelidikan atas kasus ini terang Denny dilakukan sejak pasca lebaran tahun 2019 lalu. Setelah ditemukan minimal Dua alat bukti, penetapan tersangka lalu dilakukan.

Dalam pemeriksaan dengan status tersangka terhadap Supranoto, tim Pidsus hanya perlu waktu 3 jam untuk menuntaskan. Setelah itu Supranoto langsung ditahan. (Lis)

Sudah dibaca : 492 Kali
 







Berkomentarlah yang baik. Apa yang anda sampaikan dalam komentar adalah tanggungjawab anda sendiri