Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

//Desa

Ngawur!!! Sewakan Tanah Warga, Kades Kejapanan Terancam Penjara

Redaksi Pojok Kiri Pasuruan
31 Maret 2020

Kades Kejapanan, Randi Saputra

Pasuruan, Pojok Kiri
Randi Saputra, Kades Kejapanan, Kecamatan Gempol yang baru menjabat sejak dilantik pada 31 Desember 2019 lalu terancam dipidanakan  oleh warganya sendiri yang bernama Saiful Bakri serta PT Hadeka. Pasalnya, ia dengan semena-mena telah menyewakan tanah di kawasan Winong dan Karangrejo, Gempol yang dalam kuasa Saiful Bakri.


Kepada Pojok Kiri, Selasa (31/03), Saiful Bakri yang merupakan mantan Kades Kejapanan dan saat ini dalam kondisi sakit serta menjalani opname di sebuah rumah sakit Malang menceritakan, setelah resmi dilantik sekitar 4 bulan lalu, Kades Randi Saputra mendadak menyewakan tanah yang selama ini ia kelola yang merupakan tanah pemberian kuasa dari sang pemilik bernama Tandyo Hasan warga Surabaya tanpa memberitahukan ia sama sekali.

Oleh Randi Saputra terang Saiful Bakri, tanah itu disewakan sebesar Rp. 25 juta ke PT ke PT Hadeka Feedmil Jl. Raya Legok, Gempol melalui kepala Satpam bernama Mansur.

Atas kejadian itu, ia sempat menanyakan ke Kades Randi. Hanya saja oleh Randi, Saiful Bakri mengaku tidak digubris.

Sementara pihak pemilik menurut Saiful Bakri, terus menanyakan kepadanya soal kasus tersebut. Untuk itu terang Saiful, pihakmya telah melarang siapapun mengelola tanah itu termasuk PT Hadeka yang terlanjur menyewa melalui Kades Randi.

“Jika PT Hadeka ngotot menempati atau mengelola, kami akan laporkan secara pidana. Untuk urusan sewa melalui Kades Randi, jika PT Hadeka merasa tertipu, silahkan lapor penipuan, saya siap menjadi saksi, “tukas Saiful Bakri.

Baca Juga :  Siapkan Sarana Pengolahan Sampah, Kades Winong, Gempol Segera Ubah Sampah Jadi Uang
Tanah warga yang disewakan oleh Kades Kejapanan, Randi Saputra

Saiful Bakri mengaku telah menyampaikan ke pak Mansur pihak PT Hadeka bahwa tanah iti bukan milik Randi dan bukan tanah desa. Tanah itu adalah tanah warga Surabaya yang dikuasakan kepadanya untuk dikelola.

“Tanah itu sekarang saya kasih papan tulisan. Siapa saja boleh menyewa langsung kepada saya. Untuk penyewa sebelumnya yang berhubungan dengan Kades Randi bukan urusan saya. Silahkan lapor pidana karena tertipu. Jika ada yang berani menguasai, saya akan lakukan langkah pidana penyerobotan lahan, “ancam Saiful.

Randi Saputra, sang Kades Kejapanan pernah dikonfirmasi Pojok Kiri tentang hal ini, Saat itu Randi yang ditemui Pojok Kiri di rumahnya tak menampik bahwa memang ia menyewakan tanah tersebut. Bahkan karena ada kabar ia akan dilaporkan secara pidana, ia sempat mau mengembalikan uang hasil sewa itu dan membatalkan surat perjanjian sewa yang terlanjur dibikin.

Namun fakta berkata lain. Menurut Saiful, hingga kini tak ada pembatalan sewa antara Kades Randi dan PT Hadeka.

“Tidak ada. Sampai sekarang perjanjian sewa masih ada. Tunggu saya sembuh, saya akan ajak PT Hadeka melakukan langkah pidana, “ujar Saiful Bakri. (Lis)

Sudah dibaca : 1265 Kali
 







Berkomentarlah yang baik. Apa yang anda sampaikan dalam komentar adalah tanggungjawab anda sendiri