Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Hukum // Kriminal

Jerat Pengangguran Lewat FB, Warga Kalianyar Bawa Kabur Motor Pencari Kerja Asal Pagak

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: Februari 19, 2020
Sodikin sang pelaku penipuan

Pasuruan, Pojok Kiri

Banyaknya grop-grop lowongan kerja di sosial media (Sosmed) Facebook (FB) ternyata dimanfaatkan oleh pria 38 tahun bernama Sodikin,  warga Jl. Nener, Lingkungan Kalanganyar, Kelurahan Kalianyar, Bangil untuk melakukan aksi penipuan.

Melalui akun FB yang dimiliki pelaku, ia menjaring korbannya dengan memasang lowongan kerja untuk ditempatkan di sebuah perusahaan.

Lowongan kerja palsu itu ternyata diminati oleh banyak pengguna Sosmed lain yang sedang mencari pekerjaan. Salah satu yang tergiur adalah M. Firdaus (23) warga Bakalan Rt. 005, Rw. 001, Kelurahan Pagak, Beji.

Firdaus yang sedang mencari pekerjaan lantas menghubungi pelaku lewat nomor phonsel yang dipajang. Oleh pelaku, Firdaus diajak ketemu di sebuah rumah kos kawasan Dusun Turirejo, Desa Cangkringmalang, Beji, Senin (17/02).

Di lokasi itu pelaku melancarkan aksi tipu-tipunya. Pelaku meyakinkan korban bahwa ia bisa langsung kerja. Pelaku mengaku sebagai kepanjangan tangan orang perusahaan.

Mulut manis pelaku mampu meluluhkan korban yang identitasnya disebut masih berstatus mahasiswa ini. Ia pun tidak curiga dan memberikan ketika pelaku meminjam motor Vario yang ia bawa dengan alasan akan menjemput orang perusahaan tersebut.

Saking percayanya, korban enteng saja memberikan Vario Hitam tahun 2018, Nopol  N 5947 TCV yang ia bawa.

Pelaku lantas membawa motor korban. Sementara sang korban yang berharap pekerjaan setia menunggu.

Namun setelah berjam-jam ditunggu pelaku tak kembali, ia mulai resah dan khawatir jika sudah kena tipu.

Korban yang panik tak tahu harus mencari pelaku kemana. Upaya menghubungi nomor phonsel pelaku juga kandas, karena nomornya sudah mati.

Baca Juga :  Sepekan, Polres Pasuruan Kota Gulung 99 Pelaku Kejahatan

Namun sang korban masih berharap pelaku kembali dan benar-benar memberikan pekerjaan serta membawa motornya. Akan tetapi setelah ditunggu hingga Selasa (18/02) pelaku benar-benar menghilng beserta motor Varionya.

Atas kejadian ini, korban lalu melapor ke Polsek Beji Selasa siang (18/02). Laporan itu ditindaklanjuti tim Reskrim yang kemudian  melacak keberadaan pelaku.

Tak butuh waktu lama, tim Reskrim Polsek Beji mampu mendapati keberadaan pelaku yang ternyata sudah di Mojokerto untuk menjual motornya.

Tim Reskrim langsung mengejar pelaku. Sekitar pukul 18.00 WIB di hari Selasa (18/02) itu, pelaku ditangkap di Mojokerto yang masih membawa motor milik korban.

“Pesan kepada masyarakat harap berhati-hati jika mendapati informasi apapun lewat Sosmed., “kata Kanit Reskrim Polsek Beji, Ipda Tatok.  (Lis)

Sudah dibaca : 186 Kali