Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Hukum // Kejaksaan

Vonis Atas ‘Tumbal’ Dispora, Buka Gerbang ‘Neraka’ Baru? Siap-Siap Buat Yang Pernah Jadi Saksi Di Sidang Lilik

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: Februari 12, 2020
Lilik Wijayati Budi Utami

 

Pasuruan, Pojok Kiri

Perjalanan panjang Lilik Wijayati Budi Utami dalam menghadapi tuduhan korupsi di Dispora atas dirinya sudah diputuskan oleh hakim PN Tipikor, Selasa (11/02). Ia divonis penjara selama 3 tahun, denda Rp 100 juta subsidair 3 bulan, dan uang pengganti Rp 69 juta subsidair 3 tahun.

Putusan hakim ini lebih ringan dari tuntutan jaksa  yang menuntut mantan Kepala Bidang Olahraga ini hukuman 7 tahun penjara dan senda Rp. 250 juta subsidair 6 bulan kurungan, serta membayar uang penganti sebesar Rp. 69. 720 subsidair 3 tahun 3 bulan penjara.

Dengan vonis yang dijatuhkan hakim ini, Lilik sudah tahu berapa lama lagi ia harus menjalani hari-harinya di balik jeruji. Meski tetap berat, akan tetapi secara hitungan, ia sudah dapat memperkirakan kapan akan bebas.

Sementara itu, putusan atas Lilik ini bak kunci yang segera membuka gerbang ‘neraka’ bagi tersangka baru. Sebab dalam pembuktian sidang atas terdakwa Lilik, angka uang negara yang dianggap dimakan olehnya hanya Rp. 69 juta. Padahal kerugian negara pada anggaran Dispora tahun 2017 mencapai Rp. 918 juta. Lalu sisanya yang sekitar Rp. 849 juta dimakan oleh siapa?

Catatan sisa yang lebih besar ini yang akan memastikan munculnya tersangka baru.

Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Pasuruan, Denny Saputra saat ditanya soal itu memang masih tidak mau gegabah menyebut nama. Akan tetapi sinyal nama-nama yang segera dikerangkeng tak akan jauh dari mereka yang pernah menjadi saksi dalam persidangan Lilik.

Baca Juga :  Daniel: Wakil Rakyat Jangan Racuni Otak Anak #Komnas Anak Minta Ayub Buktikan Ucapannya

Persoalannya sekarang, siapa yang lebih dahulu. Apakah inisiator pemotongan anggaran 10 persen, apakah yang bertugas memotong langsung, arau aktor lain yang membelanjakan?

Teka teki ini dapat dipastikan tak lama lagi akan terjawab! (Lis)

Sudah dibaca : 131 Kali