Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Anak sungai // Pemerintahan

Tahun Ini 83 Anak Sungai Di Kabupaten Pasuruan Dinormalisasi

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: Februari 12, 2020
Proses Normalisasi di saluran Badong, Rembang

Pasuruan, Pojok Kiri

Guna meminimalisir adanya genangan air dan terjadinya banjir, Pemkab Pasuruan melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang di tahun 2020 ini melaksanakan giat normalisasi sebanyak 83 saluran sekunder atau dikenal dengan anak sungai.

83 anak sungai ini sebagaimana diterangkan Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Misbah Zunib, Rabu (12/02), terletak di 4 UPT yang meliputi seluruh Kecamatan di Kabupaten Pasuruan, kecuali Puspo, Tutur, Tosari, dan Lumbang.

Untuk kegiatan ini, Misbah menerangkan, pihaknya telah menyiapkan anggaran senilai Rp. 4, 5 miliar dari dana APBD Kabupaten Pasuruan.

Untuk start pekerjaannya sendiri lanjut Misbah, sudah dimulai awal Januari lalu. Saat ini kata Misbah, pihaknya sudah menyelesaikan 6 titik.

Proses Normalisasi di saluran Badong, Rembang

Dari 6 titik itu paparnya, meliputi saluran pembuang Ngayunan Kecamatan Beji, Badong Rembang, Nglawang Watukosek, Gempol, Panderejo Legok, Krajan dan Mayangan, Tenggilis Gondangwetan, serta Sumber Tumpuk Cangkringmalang, Beji.

Selain pekerjaan yang sudah selesai, misbah juga menyampaikan bahwa saat ini ada pekerjaan yang sedang dilaksanakan, yakni saluran pembuang Manaruwi, Bangil, Kebon Candi Gondangwetan, Sumber Pelem Rembang, Kali Bandilan Grati, dan Kali Wrakes, Cangkringmalang.

Selain itu, Misbah juga mengaku sedang melaksanakan normalisasi hulu sungai Rejoso.

Harapan Misbah, hingga akhir tahun 2020 nanti, rencana normalisasi 83 anak sungai itu bisa tuntas.

“Kami akan upayakan tuntas di tahun 2020 ini, “ucapnya. (Lis)

Sudah dibaca : 107 Kali