Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Hukum // Kejaksaan

Hari Ini Terdakwa Kasus Diispora, Lilik Putusan, Apakah Ia Akan Bebas?

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: Februari 10, 2020
Terdakwa Lilik

Pasuruan, Pojok Kiri

Nasib Lilik Wijayati Budi Utami hari ini, Selasa (11/02) ditentukan oleh palu hakim alias putusan. Hal ini sebagaimana dikatakan Kasi Pidsus kejari Kabupaten Pasuruan, Denny Saputra , Senin (10/02).

Lantas apakah Lilik akan bebas sebagaimana yang diajukan Lilik melalui pengacaranya, atau ia harus menjalani hukuman 7 tahun sebagaimana tuntutan jaksa.

Untuk diingat kembali, oleh jaksa, terdakwa kasus dugaan korupsi di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pasuruan, Lilik Wijayati Budi Utami, mantan Kepala Bidang Olahraga dituntut hukuman 7 tahun penjara dan senda Rp. 250 juta subsidair 6 bulan kurungan.

Selain itu, Lilik juga diwajibkan membayar uang penganti sebesar Rp. 69. 720  juta dalam waktu paling lambat 1 bulan pasca putusan. Jika tidak bisa membayar, maka harta Lilik akan disita dan dilelang untuk mengganti uang pengganti tersebut.

Jika ternyata harta Lilik tidak cukup, maka ia terancam mendapat tambahan hukuman penjara selama 3 tahun 3 bulan.

Tuntutan jaksa yang dibacakan pada Selasa (07/01) lalu itu mendapat perlawanan dari tim pengacara Lilik. Melalui langkah pembelaan, Lilik dikatakan sama sekali tidak merugikan uang negara. Nilai Rp. 69 juta yang harus diganti dan dianggap dimakan oleh Lillik itu dikatakan sebagai uang pinjaman dan sudah dibayar.

Hari ini dakwaan jaksa akan ditentukan. Apakah dalam proses pembuktian persidangan mampu meyakinkan hakim bahwa Lilik bersalah, atau sebaliknya Lilik dan pengacaranya membalik fakta dan Lilik bebas?

Baca Juga :  Sadar Ada Yang Janggal, Inspektorat Uber 'Kemewahan' Mantan Kabid Pemuda Dispora Yang Beli Apartemen Di Saat Rekannya Justru Meringkuk Di Penjara

Catatan yang perlu digarisbawahi, angka uang negara yang dianggap lenyap pada anggaran Dispora Kabupaten Pasuruan tahun 2017 mencapai Rp. 918 lebih. Sementara dalam pembuktian sidang atas terdakwa Lilik, ia hanya dianggap makan senilai Rp. 69. 720 juta. Lalu sisanya yang sekitar Rp. 849 juta dimakan oleh siapa?

Putusan hari ini tentunya menjadi hal menakutkan bagi siapa saja orang Dispora yang pernah dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan. Sebab diantara mereka bisa saja akan menjadi tersangka baru.  Karena Nilai Rp. 849 juta itu pasti ada yang makan, dan itu manusia bukan setan.

Siapa orangnya? Pesan buat yang merasa tidak usah mengacungkan tangan.  (Lis)

Sudah dibaca : 159 Kali