Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Hukum

Peretas Situs Kemendagri Lulusan SMK Negeri Di Kabupaten Pasuruan Besok Jalani Sidang Perdana Di PN Bangil

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: Januari 29, 2020
Alfian Buyung Suprapto

Pasuruan, Pojok Kiri

Alfian Buyung Suprapto, pria kelahiran 26 Agustus 1998 warga Dusun Klampok, Desa Sumbergedang, Pandaan sempat ramai dibicarakan para pembaca berita. Ia diketahui telah meretas situs Kemendagri pada 24 September 2019 lalu.

Tak lama setelah aksi peretasan itu, pria yang hanya tamatan akhir SMK Negeri Di Kabupaten Pasuruan ini lalu ditangkap oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Usai disidik di Bareskrim, kasus ini lalu dilimpahkan ke Kejari Kabupaten Pasuruan sesuai wilayah hukum domisili pelaku pada 13 Januari 2020 lalu.

Rencananya, Kamis besok (30/01) kasus otak cerdas ini akan disidang untuk pertama kali di Pengadilan Negeri (PN) Bangil. Hal ini sebagaimana dikatakan Kasi Pidum Kejari Kabupaten Pasuruan, Robert saat dikonfirmasi Pojok Kiri, Rabu (29/01).

“Kamis besok kita jadwalkan sidang perdananya. Agendanya pembacaan dakwaan, “kata Robert.

Tampilan situs yang dirubah (atas), tampilan asli (bawah)

Sedikit bocoran dari Kasi Pidum, aksi Alfian Buyung Suprapto meretas situs Kemendagri ini tidak ada keuntungan finansial yang didapat. Di akun http://www.kemendagri.go.id, ia merubah tampilan depan dengan diisi foto RIP KPK dan ditambahi tulisan “KAU ITU PEMIMPIN, YANG GAJI KAU ITU KAMI, SEHARUSNYA KAU MENURUTI APA KEINGINAN KAMI, BUKAN KEINGINAN MEREKA YANG BERDASI!!!, SUARA RAKYAT KAU BATASI, SEMUA KAU ANGGAP MAKAR DAN DISKRIMINALISASI, KAU HANYALAH BONEKA YANG DIIKAT TALI, TAK LEBIH DARI SEBUAH KOMEDI!!!!”.

“Yang dilakukan itu seperti luapan emosi. Tapi pengakuan awalnya hanya mengingatkan Kemendagri bahwa situsnya mudah dibobol. Tapi karena tidak direspon, pelaku beraksi mengubah tampilan dan menulis seperti itu,, “kata Kasi Pidum. (Lis)

Baca Juga :  Berjiwa Besar, Istri Bupati Pasuruan Maafkan Ismail Makki, Terkait Fitnah Yang Ditujukan Kepadanya
Sudah dibaca : 193 Kali