Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Pendidikan

Ditagih Hutang Kepsek Lama, SDN Nguling 1 Bayar Pakai dana BOS?

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: Januari 23, 2020
SDN Nguling 1

Pasuruan, Pojok Kiri

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang disediakan pemerintah untuk pendanaan biaya bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar yang tujuan khususnya untuk membebaskan pungutan, serta meringankan beban siswa ternyata dipakai bayar hutang. Hal ini terjadi di SDN Nguling 1, Kabupaten Pasuruan.

Pojok Kiri saat datang ke SDN Nguling 1, Kamis (23/01) mendapat cerita mengejutkan dari salah satu guru di sekolah itu.

Menurut guru yang namamya tidak mau disebut ini, di sekolahnya ada masalah soal pelaksaan program wajib belajar karena dananya tidak ada. Disebutnya, segala kebutuhan belajar yang harus menggunakan dana BOS terkendala karena dana BOS yang dimiliki SDN Nguling 1 itu digunakan untuk membayar hutang kepada Kepsek lama yang bernama Nining.

Diterangkan oleh sumber yang sama, Nining adalah Kepsek yang menjabat sejak 2016 hingga 2019. Saat mutasian beberapa bulan lalu, Nining ikut terdepak.

Selama menjabat Kepsek, Nining sangat loyal ke sekolah, beberapa perbaikan fisik sekolah termasuk pemindahan taman secara tulus didanai dengan hitungan hutang oleh Nining. Nilainya hingga mencapai Rp. 80 juta.

Siapa sangka Nining ternyata terdepak ketika ada mutasi. Setelah diganti oleh Kepsek baru bernama Yanto, rupanya Nining meminta uangnya dikembalikan.

Apalah daya, hutang memang harus dibayar. Akhirnya pihak sekolah mencicil hutang ke Nining.

Ironisnya, pembayaran hutang itu justru mengorbankan kebutuhan belajar. Sekolah mencicil hutang ke Nining menggunakan dana BOS.

Baca Juga :  Prahara Dana BOS Digunakan Bayar Hutang Di SDN Nguling 1, Siang Ini Kepsek Yanto Dan Penagih Hutang, Ninik Dipanggil Dispendik

Cicilan pertama ssbagaimana keterangan sumber sebesar Rp. 30 juta. Uang itu diambilkan dari dana BOS semester 3 atau periode Juli-September.

Kemudian cicilan ke Dua sebesar Rp. 5 juta yang dibayar melalui dana BOS semester 4 atau periode Oktober-Desember.

Jika dihitung, maka hutang sekolah ke Nining ini belum lunas. Jika bayarnya menggunakan dana BOS lagi, pastinya menunggu semester 1 cair atau periode Januari-Maret.

Pojok Kiri hingga berita ini turun belum bertemu kepala sekolah SDN Bguling 1, Yanto. (ziz)

Sudah dibaca : 66 Kali