Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Pemerintahan // Proyek // Wisata

Siapkan Anggaran 14 Miliar, Tahun Ini Dinas Binamarga Kabupaten Pasuruan Lanjutkan Perbaikan Jalan Nongkojajar-Ngadiwono

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: Januari 21, 2020
Gapura masuk di jalan Nongkojajar

Pasuruan, Pojok Kiri

Tahun 2020 ini, Dinas Binamarga Kabupaten Pasuruan kembali melanjutkan proyek prioritas perbaikan jalan wisata Nongkojajar, Kecamatan Tutur hingga Ngadiwono, Kecamatan Tosari.

Proyek ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Pasuruan, Hanung Widya Sasangka, merupakan proyek tahun ke Dua dari proyek multiyears yang direncanakan selesai selama 3 tahun.

Kepada Pojok Kiri, Selasa (21/01), Hanung mengatakan, untuk proyek tahun ini sudah ada anggaran yang disiapkan mencapai Rp. 14 miliar. Anggaran itu dikatakannya berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui program hibah jalan daerah yang bersumber dari APBN.

“Untuk anggaran kita dapat dari program hibah pemerintah pusat. Kabupaten Pasuruan hanya menyediakan dana pendamping untuk perencanaan dan pengawasan yang nilainya sebesar 3 persen dari anggaran Rp. 14 miliar yang dikucur, “kata Hanung.

Proyek perbaikan jalan Nongkojajar, Tutur hingga Ngadiwono, Tosari ini terang Hanung, merupakan proyek wisata untuk menunjang kelancaran wisatawan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Sementara untuk panjang jalan yang diperbaiki secara keseluruhan menurutnya adalah 15 km. Tahun lalu Pemkab Pasuruan sudah memperbaiki sekitar 3, 3 km.

“Tahun ini kita rencanakan panjangnya sama yakni sekitar 3 km lebih. Sisanya akan kita lanjutkan tahun berikutnya, “ucap Hanung.

Sementara itu, untuk giat perbaikan yang akan dilakukan papar Hanung, sama dengan tahun sebelumnya, meliputi hotmix dan pelebaran jalan. Dari lebar saat ini yang 3 meter menjadi 3, 5 hingga 4 meter.

Baca Juga :  Nelayan Kabupaten Pasuruan Segera Gunakan Mesin Berbahan Bakar Gas

“Semoga dengan perbaikan yang kita lakukan ini akan mendongkrak kedatangan wisatawan melalui jalur Nongkojajar. Harapannya tentu saja agar perekonomian warga semakin meningkat, “pungkas Hanung. (Lis)

Sudah dibaca : 289 Kali