Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Pemerintahan

Pasca Pelantikan, Muncul Tudingan Jabatan Kadispora Diserahkan Kepada Pejabat Yang Tidak Memenuhi Ketentuan Administrasi

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: Desember 19, 2019
Hasbullah, Kadispora baru

Pasuruan, Pojok Kiri

Pelantikan atas 8 pejabat tinggi pratama (eselon 2, red) yang dilakukan Bupati Pasuruan diwakili oleh Wakil Bupati, Mujib Imron, Rabu (18/12) menyisahkan catatan panas di lingkungan Pemkab Pasuruan. Pasalnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) yang dijabat oleh Hasbullah yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dispendik dianggap cacat, karena Hasbullah dalam ketentuan seleksi belum memenuhi syarat.

Dalam ketentuan yang ditetapkan panitia seleksi (Pansel) pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Pemkab Pasuruan, dalam ketentuan umum butir 3, peserta lelang jabatan harus sedang atau pernah menduduki jabatan administrator eselon III.a paling singkat 2 tahun, dan eselon III.b paling singkat 3 tahun di Kabupaten Pasuruan pada saat pendaftaran.

Sementara itu, dalam catatan karir Hasbullah, ia baru duduk di jabatan III.a per 10 Juni 2019 lalu, atau terhitung baru 7 bulan ketika dilantik.

Sedang jika dihitung sejak pendaftaran yang dimulai Oktober 2019 lalu, maka jabatan eselon III.a Hasbullah saat itu hanya berusia sekitar 4 bulanan saja.

Catatan tak memenuhi syarat Hasbullah ini tentu saja menjadi rasan-rasan panas internal pegawai Pemkab Pasuruan. Apalagi dalam hasil ujian, Hasbullah hanya menempati rangking 2.

Terpisah, palaksana harian (Plh) kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan, Agung Mariyono saat dikonfirmasi Pojok Kiri, Kamis (19/12) menerangkan, untuk ketentuan yang dimaksud berdasarkan musyawarah dihitung secara komulatif.

Baca Juga :  Desa Jatiarjo Genjot Pembangunan, Transparansi Juga Dikedepankan

“Hitungannya komulatif masa kerja, itu sudah melalui musyawarah, “ucap Agung tanpa memberi penjelasan lebih jauh.

Yang disampaikan Agung ini juga dibenarkan oleh Ketua Baperjakat Kabupaten Pasuruan yang juga Sekda Agus Sutiadji. Menurut Agus, masa ketentuan eselon III. a dan III. b dihitung komulatif.

Terpisah, Hasbullah yang dipercaya menjabat Kadispora menjawab soal munculnya suara minor atas dirinya.

Ia tidak menjawab soal catatan bahwa ia tak memenuhi syarat dalam pendaftaran lelang jabatan. Ia hanya menjawab soal nilai yang membuatnya duduk di rangking 2.

Menurut Hasbullah, soal rangking itu, ia hanya kalah di rekam jejak atau pengalaman saja.
“Nilai saya kecil hanya di pengalaman saja, lainnya lihat sendiri, semua tinggi, “tukas Hasbullah. (Lis)

Sudah dibaca : 264 Kali