Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Hot // Pemerintahan

8 Nama Ini Resmi Dilantik Jadi Kadis, 5 Nama Bukan Rengking 1 Dalam Proses Lelang Jabatan

Redaksi Pojok Kiri Pasuruan
18 Desember 2019

Para Kadis baru foto bareng Wabup, sekda dan Plt Kepala Kepegawaian

Pasuruan, Pojok Kiri

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Rabu (18/12) resmi melantik pejabat pimpinan tinggi pratama atau yang dikenal dengan sebutan eselon 2 guna mengisi Kadis yang kosong.

Mereka adalah Hasbullah Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (Kadispora), Agus Hariwibawa Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), Bakti Jati Permana Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP)  Suwito Adi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos), Riduwan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Heru Farianto Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Nurul Huda Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), dan Eddy Supriyanto Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu (DPMPT).

Pelantikan yang dilakukan terhadap 8 nama ini sontak membuat situasi tegang di kalangan internal staf Pemkab Pasuruan. Sebab dari 8 nama itu ada 5 nama yang dalam ujian lelang jabatan tidak berada di rengking 1.

Yang pertama adalah Hasbullah. Ia dilantik sebagai Kadispora. Pria yang sebelumnya menjabat sekretaris Dinas Pendidikan ini di rengking penilaian ujian lelang jabatan untuk jabatan Kadispora, ia menempati urutan 2 dengan nilai 72, 02. Sedang rangking 1 ditempati Eka Wara Brehaspati, Camat Purwosari dengan nilai 75, 41.

Ke Dua Agus Hariwibawa Kadishub, mantan Kepala bagian kerjasama ini memenpati rengking 2 dengan nilai 72, 17. Sedang rengking 1 diperoleh Drajat Utomo Camat Gondang Wetan yang mendapat nilai 72, 70.

Ke Tiga Suwito Adi Kadinsos. Mantan Camat Pandaan ini menempati rangking 3 dalam ujian lelang jabatan dengan nilai 72, 78. Rangking 1 diraih oleh Diana Lukita Rahayu dengan nilai 75, 27.

Baca Juga :  Bupati Pasuruan Masih Adakan Acara Kumpul-Kumpul, Undang Puluhan Kyai dan Pengasuh Pondok Pesantren

Ke Empat Riduwan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip. Mantan Camat Gempol ini hanya dapat rangking 3 dalam ujian lelang dengan nilai 61, 12. Ia jauh di bawah Eka Wara Brahaspati yang berada di rengking 1 dengan nilai 64, 76.

Ke Lima Eddy Supriyanto Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu (DPMPT). Pejabat yang sebelumnya menjadi Camat Tutur ini hanya dapat rengking 2 dengan nilai 73, 09. Nilainya  jauh di bawah Diana Lukita Rahayu yang berada di rengking 1 dengan nilai 76, 55.

Sedang untuk 3 nama lainnya, yakni Bakti Jati Permana Kasatpol PP, Heru Farianto Kepala DLH, dan Nurul Huda Kepala DPMD dalam proses lelang jabatan, mereka berada di rengking 1.

Terkait pengabaian rangking 1 ini, Kepala Badan Perencanaan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji saat dikonfirmasi Pojok Kiri, Rabu (18/12) menjelaskan, bahwa soal penentuan siapa yang dipilih oleh Bupati berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil pasal 10.

Dalam PP itu terang Agus Sutiadji, Bupati memiliki kewenangan memilih satu dari 3 nama yang dipilih oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Rengking yang disodorkan oleh BKASN itu 1 hingga 3. Nah berdasarkan PP 11 tahun 2017 itu, Bupati boleh memilih satu diantara 3 itu. Jadi ukurannya bukan hanya rangking 1 yang dianggap pintar, tapi banyak faktor lain yang jadi pertimbangan, “terang Agus Sutiadji. (Lis)

Baca Juga :  Kasus Kades Pelintahan Masuk Meja Jaksa #Dikenakan Pasal 52 UU KIP, Sanusi Terancam 1 Tahun Kurungan
Sudah dibaca : 245 Kali