Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Pendidikan

Dana Siswa Miskin Di SMPN 1 Rejoso Diduga Dipakai Untuk Bisnis Sekolah?

   Redaksi Pojok Kiri Pasuruan    Pada: Desember 17, 2019
Umar Wirohadi

Pasuruan, Pojok Kiri

Soal dana bantuan siswa miskin (BSM) melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang ‘ditahan’ di SMPN 1 Rejoso diduga digunakan untuk bisnis pihak sekolah.

Informasi yang didapat Pojok Kiri, pencairan dana yang dilakukan murid kemudian diminta sekolah ternyata akal-akalan sekolah untuk menjerat murid dan walimurid agar setiap kebutuhan dibelanjakan melalui sekolah.

Umar Wirohadi salah satu tokoh masyarakat Pasuruan wilayah Timur yang merupakan pemerhati pendidikan mengaku sudah banyak menerima aduan dari wali murid. Dimana anggaran PIP yang harusnya dibelanjakan secara bebas oleh murid untuk kebutuhan sekolah justru dikelola oleh sekolah.

“Ini tak ada bedanya bisnis sekolah. Uang hak murid dikelola sebagai modal untuk memenuhi kebutuhan murid. Artinya ini juga bentuk paksaan agar semua kebutuhan murid belanja di sekolah. Ini sudah tidak benar, harus ada tindakan secara hukum, “tukas Umar yang juga seorang pengacara ini.

Catatan yang diterima Pojok Kiri, uang PIP yang dikelola SMPN 1 Rejoso mencapai Rp. 123 juta.

Dugaan adanya bisnis sekolah di SMPN 1 Rejoso menggunakan uang siswa miskin ini, hingga saat ini belum ada penjelasan dari pihak sekolah. Pojok Kiri yang mengkonfirmasi Kepseknya, Khusaini, Senin (16/12) belum berhasil bertemu. (ziz/lis)

Sudah dibaca : 88 Kali