Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Pemerintahan

Tak Ada Dana, Pilkades Karangmenggah, Wonorejo Terancam Gagal. Disebut Ada Dana Nyantol Di Kades Senilai Rp. 300 Juta

   Pojok Kiri Pasuruan    Pada: September 11, 2019
Kantor Desa Karangmenggah
Pasuruan, Pojok Kiri
     Rencana pemilihan kepala desa (Kades) di Desa Karangmenggah, Kecamatan Wonorejo sepertinya berakhir gagal. Pasalnya, hingga Rabu (11/09), tahapan pemilihan yang harusnya dimulai sejak 3 September lalu tidak juga ada kejelasannya. Padahal panitia pemilihan sudah terbentuk dan siap melaksanakan pesta demokrasi di tingkat desa ini.
      Kenapa bisa terancam gagal? Pojok Kiri yang mencari tahu penyebabnya kepada ketua panitia bernama Khoir, Rabu (11/09) mendapati fakta, ternyata ancaman gagalnya Pilkades ini karena hingga saat ini panitia belum  mendapatkan anggaran untuk kegiatan tersebut.
    Atas fakta ini, Khoir mengaku belum membuka pengumuman atau memulai tahapan Pilkades.
      “Sampai saat ini kami belum membuka pengumuman pendaftaran,  karena anggaran belum turun. Jadi sementara fakum, hanya bisa menunggu, “ujarnya.

Khoir, Ketua panitia Pilkades Karangmenggah

     Lantas kenapa Desa tidak juga mengucurkan anggarannya, bukankah sudah ada ploting dana untuk kegiatan tersebut.
     Pojok Kiri yang beberapa kali berusaha konfirmasi ke Kades Karangmenggah, Suparnoto hingga berita ini turun belum juga berhasil. Dicari di kantornya, sang Kades selalu tidak ada, di rumahnya juga demikian.
     Ada catatan warga, sebagian Dana Desa (DD) tahun 2018 yang nilainya mencapai Rp. 300 juta disalahgunakan oleh sang kades. Hal ini menyebabkan anggaran untuk tahun 2019 tidak bisa dicairkan.

Suparnoto, Kades Karangmenggah

     Warga yang sudah mengetahui kondisi ini sempat meluapkan amarahnya dengan mendemo Kades di kantornya pada 31 Agustus lalu. Warga yang ingin segera punya Kades baru bahkan memborgol pintu kantor desa saking marahnya.
     Untuk diketahui, ajang Pilkades serentak akan dilaksanakan di Kabupaten Pasuruan pada tanggal 23 November mendatang. Sekitar 200 desa disebut ikut dalam ajang ini termasuk Desa Karangmenggah, Wonorejo.
     Namun tak adanya anggaran yang digunakan membuat Pilkades di Desa Karangmenggah terancam gagal. (yud/Lis)

Sudah dibaca : 339 Kali