Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Pendidikan

Mahasiswa Pecinta Alam Unmer Pasuruan Gelar Pelatihan Vertical Rescue

Pojok Kiri Pasuruan
24 Maret 2019

Saat pelatihan Vertical Rescue berlangsung

Pasuruan, Pojok Kiri
     Demi melatih kemampuan para pencinta alam saat menghadapi masalah di medan pegunungan termasuk memberikan pertolongan saat terjadi kecelakaan di kawasan pegunungan atau tempat lain yang bermedan vertikal atau ketinggian, Sabtu (23/03) hingga Minggu (24/03), Mahasiswa Pencinta Alam Unmer Pasuruan (Mapalupas) menggelar kegiatan pelatihan pertolongan di medan tinggi atau disebut Vertical Rescue.
     Kepada Pojok Kiri, Sabtu (23/03), James sang pembina Mapalupas mengatakan, kegiatan pelatihan Vertical Rescue ini merupakan kegiatan yang ke 3 selama keberadaan Mapalupas.
     “Ini kegiatan kami yang ke 3. Pada kegiatan ini, fokus pelatihan yang kami berikan adalah bagaimana memberikan pertolongan saat ada bencana, khususnya pada medan-medan yang tinggi, seperti di gunung dan gedung. Kegiatan pelatihan seperti ini sangat perlu dilakukan mengingat potensi bencana di sekitar kita sangat tinggi, “ujar James.
     Vertical Rescue sendiri menurut James merupakan sebuah metode penyelamatan yang dilakukan pada medan vertical baik kering ataupun basah, yaitu memindahkan korban ke tempat yang aman untuk mendapatkan tindakan selanjutnya.
     “Medan vertical disini bukan hanya sebatas tebing dan lembah di hutan gunung tetapi juga di bangunan-bangunan tinggi di perkotaan seperti gedung, menara, jembatan dan lain sebagainya. Vertical rescue merupakan bagian dari operasi Search And Rescue (SAR), “terang James.
     Kegiatan pelatihan Vertical Rescue yang diadakan Mapalupas ini diikuti oleh siswa sekolah menengah atas, mahasiswa, serta masyarakat umum. Para peserta tak hanya datang dari Pasuruan, beberapa peserta juga datang dari luar kota. (Lis)

Baca Juga :  Soal Dugaan Uang Siswa Miskin Di SMPN 1 Rejoso Digunakan Untuk Bisnis Sekolah? Kasispendik Janji Panggil Kepsek Khusaini
Sudah dibaca : 407 Kali