Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Pemerintahan // Pendidikan // Peristiwa // Seni // Wisata

Peringati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan Ke 1089, Dinas Perikanan Gelar Festival Ikan Hias

   Pojok Kiri Pasuruan    Pada: Oktober 15, 2018

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf didampingi Kadis Perikanan, Slamet Noerhandoyo saat melihat stand kontes Koi

Pasuruan, Pojok Kiri
Tahun ini, tepatnya Sabtu (13/10) hingga Minggu (14/10), Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan kembali menggelar festival ikan hias. Giat festival ini menurut Kadis Perikanan, Slamet Noerhandoyo kepada Pojok Kiri dissla giat pembukaan (13/10) merupakan festival ke 4 yang diselenggarakan oleh Pemkab Pasuruan.
Dijelaskan oleh Slamet, terselenggaranya fertival ikkan hias ini berkat kerjasama antara pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan beberapa komunitas ikan hias yang ada di Kabupaten Pasuruan, meliputi Pasuruan Koi Club (Pasoe KC), Pasuruan Aquascape (Pascape), Komunitas Cupang, Komunitas Fish Predator, Komunas Guppy, serta paguyuban pedagang ikan hias.
Di hadapan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf yang saat iti hadir untuk membuka acara, termasuk tamu undangan meliputi, Ketua Komisi 2 DPRR Kabupaten Pasuruan, Sekda dan jajaran Asisten, para Kepala OPD, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Dan Perikanan Kementerian Kelautan Dan Perikanan, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Muspika Kecamatan Pandaan, Direktur Lembaga Keuangan Bank Jatim, BRI, BNI, dan BPR Mina Pesisir serta Ketua Asosiasi Pecinta Koi Indonesia dari Jakarta, Slamet memaparkan dalam laporannya bahwa maksud diadakan festival ini untuk mendukung dan memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten Pasuruan ke 1089 sekaligus mempromosikan potensi ikan hias di Kabupaten Pasuruan.
Sementata tujuannya menurut Slamet adalah untuk meningkatkan produksi serta kualitas ikan hias yang ada di Kabupaten Pasuruan.
“Festival ini juga sebagai ajang kreatifitas dan seni bagi penghoby aquascape, serta sebagai sarana bagi pecinta, penghoby dan pembudidaya ikan hias untuk meningkatkan daya saing dan nilai ekonomis bagi ikan hias yang dipelihara, “tukas Slamet.
Lebih jauh sebagaimana disampaikan Slamet, kegiatan ini melibatkan komunitas ikan hias dengan peserta sekitar 900 orang. Sementara untuk rangkaian kegiatan meliputi kontes Koi yang diikuti 560 ekor untuk 48 kategori, lalu lomba Hardscape diikuti 40 peserta dengan 1 kategori, Aquascape, diikuti 60 peserta dengan 2 kategori, Lomba Ikan Cupang hias diikuti 150 peserta untuk 21 kelas, lomba Ikan Guppy diikuti 75 peserta untuk 3 kategori.
“Selain itu, pada festival ikan hias ini, kami juga mengadakan bazar dan lelang Ikan Koi, bazar produk perikanan dan produk unggulan, “ujar Slamet. (Lis)

Baca Juga :  Kolam Renang Pak Soleh Pandaan Tewaskan Bocah 3 Tahun. Nihil Police Line, Apakah Tak Diproses Secara Hukum?

Sudah dibaca : 147 Kali