Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Pemerintahan

DLH Mau Punya Gawe

Pojok Kiri Pasuruan
26 September 2018

Muhaimin, Kepala DLH

Pasuruan, Pojok Kiri
     Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan punya gawe. Dalam waktu dekat, DLH akan melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2018 dengan tema “Beat Plastic Pollution” atau Kendalikan Sampah Plastik.
    Kegiatan ini menurut Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Muhaimin, Rabu (26/09) diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat pada umumnya serta Kabupaten Pasuruan pada khususnya untuk mengambil langkah dan tindakan yang positif bagi perlindungan alam dan kelestarian lingkungan hidup.
     Hari Lingkungan Hidup Sedunia sendiri sebenarnya diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni. Namun menurut Muhaimin, untuk patokan kegiatan bisa dilakukan kapan saja.
     Sementara itu, untuk rangkaian kegiatannya, DLH sudah menyiapkan berbagai lomba lingkungan sehat yang melibatkan masyarakat.
    Yang pertama adalah lomba Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi kelompok pengusaha atau kegiatan. Lomba ini menurut Muhaimin bertujuan untuk meningkatkan partisipasi perusahaan dalam pengelolaan Ruang Terbuka Hijau publik di halaman depan usaha dan atau kegiatan yang berhimpitan dengan median jalan Nasional.
    Tujuan lain lanjut Muhaimin adalah demi meningkatkan keindahan dan kesejukan tepi jalan Nasional di wilayah Kabupaten Pasuruan.
    “Sasaran peserta untuk dilibatkan dalam lomba ini adalah usaha dan atau kegiatan yang terletak di sepanjang RTH publik di tepi jalan raya di wilayah Kabupaten Pasuruan dengan jumlah 50 lokasi, “terang Muhaimin.
     Yang kedua papar Muhaimin, adalah Lomba Graffiti dau atau Mural yang bertemakan lingkungan hidup.
     Tujuan lomba ini menurutnya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup melalui kreativitas seni gambar graffiti atau mural.
    Tujuan berikutnya kata Muhaimin adalah untuk memberikan wahana dan kesempatan kepada seniman grafiti atau mural dari kalangan pelajar dan profesional di Kabupaten Pasuruan untuk saling adu kreasi.
     “Sasaran peserta lomba Graffiti atau Mural ini adalah pelajar SMP dan SMA atau sederajat, serta dari komunitas, profesional, pekerja seni dan masyarakat pada umumnya. Intinya lomba ini kami bagi dua, yakni kategori pelajar dan umum, “ucap Muhaimin.
    Lalu lomba yang ke Tiga terang mantan Kepala Bappemas ini adalah lomba kreasi busana daur ulang. Lomba ini akan melibatkan pelajar SMP dan SMA atau sederajat serta dari masyarakat umum.
     “Tujuan lomba ini untuk meningkatkan edukasi dan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah melalui kreativitas seni busana dari sampah dan bahan daur ulang, “tukas Muhaimin.
     Nantinya lanjut Muhaimin, acara akan diakhiri dengan resepsi Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2018.
    “Kita akan berikan apresiasi kepada masyarakat yang peduli terhadap upaya
perlindungan dan kelestarian lingkungan. Tentunya bagi peserta lomba dan masyarakat kita suguhkan kemeriahan di hari lingkungan hidup sedunia kali ini, “ujar Muhaimin.
    Namun untuk seluruh kegiatan ini tambah Muhaimin, baik hari dan tanggalnya masih menunggu keputusan dari Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf.
    “Catatan rencana kegiatan ini segera kami sampaikan ke Bapak Bupati. Untuk tanggalnya nanti menunggu persetujuan beliau, “pungkas Muhaimin. (Lis)

Baca Juga :  Indomaret Karangjati Depan Tamandayu Diduga Nihil IMB, Tetap Buka Kabarnya Dipersilahkan Oleh DPMPT
Sudah dibaca : 280 Kali