Baca di smartphone, unduh aplikasinya : 

HOME // Peristiwa

Tak Layak Disebut Sungai, Anak Sungai Werati Segera Dikeruk

   Pojok Kiri Pasuruan    Pada: September 7, 2018

Kondisi anak sungai Werati saat ini yang kian sempit

Pasuruan, Pojok Kiri
     Kondisi anak sungai Werati yang membentang sekitar 1 km mulai kawasan Bong, Kalianyar hingga Bendungan, Desa Tambakan saat ini sangat tidak layak disebut sebagai sungai. Pasalnya, sungai yang melintas di tengah perkampungan membatasi wilayah Kalirejo dan Tambakan ini, kondisinya penuh sampah, serta penuh tumbuham enceng gondok. Kedangkalannya tak perlu diceritakan lagi, yang pasti sangat dangkal. Tak hanya itu, sungai ini juga mengalami penyempitan akibat ulah beberapa oknum warga setempat yang mengurug untuk membangun gedung permanen.
    Kondisi ini tentu saja membuat khawatiran warga kebanyakan. Sebab musim hujan yang diperkirakan sebentar lagi turun selalu berdampak banjir besar karena kondisi sungai yang tidak mampu membawa air ke induknya.
    Warga berharap pemerintah segera bertindak dengan melakukan pengerukan sebagai wujud normalisasi.
    “Setidaknya bisa mengurangi debit air saat banjir melanda, “ungkap warga Tambakan bernama Gambus.
     Keluhan warga ini mendapat respon Pemkab Pasuruan. Melalui Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang, Pemkab Pasuruan mengaku sudah merencanakan pengerukan dan sudah menganggarkan untuk kepentingan itu dana sebesar Rp. 60 juta.
    “Sudah kami rencanakan pengerukannya. Pada Oktober atau November nanti akan dikerjakan. Kami masih menunggu hujan turun agar ada dorongan air saat dilakukan pengerukan, “ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hanung Widya, Jum’at (07/09). (Lis)

Sudah dibaca : 119 Kali